25 Juni 2008

Anti Kristus

Allah menyatakan bahwa umat manusia sedang hidup di zaman terakhir, era terakhir, masa perpanjangan waktu terakhir, masa terakhir dari sejarah dunia. Siapakah atau apakah anti kristus itu? Ada dalam Alkitab, 2:18 Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar bahwa antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Dari hal inilah kita mengetahui bahwa waktu ini benar-benar waktu yang terakhir (1 Yohanes 2:18, BIS).

a. Definisi dari ‘Anti Kristus’.
Kata Yunani asli untuk kata "antikristus" dapat mempunyai dua arti. Kata itu dapat berarti "menentang Kristus", dalam arti seseorang atau suatu kekuasaan yang menentang pekerjaan Kristus. Atau kata itu dapat berarti "pengganti Kristus", menyatakan seseorang atau suatu kekuasaan yang "mengambil tempat Kristus", atau seorang "Kristus palsu". Pada saat Anti Kristus datang ia akan mengklaim bahwa ia adalah sang Mesias dan bahwa ini adalah kedatanganNya (dari Mesias) yang kedua. Ia akan menentang Kristus sementara bertindak sebagai / seperti Kristus.

b. Ayat-ayat Kitab Suci yang membicarakan Anti Kristus.
Dalam PL sudah ada ayat-ayat yang membicarakan Anti Kristus, yaitu: Dan 7:8,23-26; 11:35-39; Mat 24:15-16. Istilah ‘Anti Kristus’ muncul hanya dalam surat Yohanes, yaitu dalam: 1Yoh 2:18,22; 4:3; 2Yoh 7.  Dalam bagian Kitab Suci lain, istilah ‘Anti Kristus’ itu tidak digunakan, tetapi ajaran tentang Anti Kristus itu jelas ada: Mat 24:5,24; 2Tes 2:3-12; Wah 13:1-18.

c. Siapakah Anti Kristus itu?
Dari semua ayat Kitab Suci di atas bisa disimpulkan bahwa: Anti Kristus itu sudah ada pada jaman Paulus & Yohanes. Anti Kristus itu mencapai kekuatan puncaknya pada saat2 mendekati akhir jaman. Daniel - dunia politik, Paulus - dunia Gereja, Yohanes – keduanya. Kekuatan Anti Kristus itu akhirnya akan terkonsentrasi dalam seorang pribadi, perwujudan dari semua kejahatan.
Penggambaran Anti Kristus dalam kitab Daniel itu kelihatannya menunjuk kepada satu pribadi.
Paulus, dalam 2Tes 2:3, menyebut sang Anti Kristus itu dengan sebutan ‘the man of sin’ (= manusia dosa / durhaka) dan ‘the son of perdition’ (= anak kebinasaan / neraka), dan seluruh kontext menunjukkan bahwa sang Anti Kristus itu adalah seorang pribadi.
Sekalipun Yohanes berbicara tentang banyak Anti Kristus yang sudah muncul pada jamannya, ia tetap berbicara tentang akan datangnya ‘seorang Anti Kristus’ (1Yoh 2:18).
Dalam kitab Wahyu, binatang yang dibicarakan oleh Yohanes dalam Wah 13 itu, terlihat sebagai seorang pribadi, yang akhirnya dimasukkan ke neraka (Wah. 19:20; 20:10).
Karena Kristus adalah seorang pribadi, maka adalah sesuatu yang wajar kalau sang Anti Kristus itu juga adalah seorang pribadi.
Menurut Firman Allah, anti kristus-anti kristus adalah orang-orang Kristen palsu yang telah memisahkan diri dari umat beriman yang sejati. Mereka adalah pembohong yang menyangkal Yesus sebagai Kristus. Ada dalam Alkitab, "Siapakah pendusta itu? Bukankah dia yang menyangkal bahwa Yesus adalah Mesias? Inilah antikristus, yaitu dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak" (1 Yohanes 2:22). "Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itulah si penyesat dan antikristus" (2 Yohanes 1:7).
Anti Kristus bisa didefinisikan sebagai musuh Kristus yang merupakan manusia-setan, yang akan muncul sebelum kedatangan Kristus yang kedua kali, sebagai penindas dan penganiaya terakhir dari orang-orang Kristen. Banyak pandangan tentang siapa sang Anti Kristus itu.
   seorang Yahudi, yang berpura-pura menjadi Mesias / Kristus, dan memerintah di Yerusalem.
   seorang kaisar Romawi.
   kaisar Nero.
   kepausan Roma / Paus-Paus tertentu.
   Stalin / Hitler.
 
Pada waktu orang2 di masa lampau mengidentifikasi orang2 tertentu sebagai sang Anti Kristus, mereka tidak sepenuhnya salah, karena memang sudah ada manifestasi2 dari pemikiran dan tindakan anti Kristen dalam sepanjang sejarah Gereja. Sebelumnya, kita telah memperhatikan bahwa sudah ada pelopor2 dan pendahulu2 dari sang Anti Kristus, dan akan terus ada orang2 seperti itu. ... setiap jaman akan menyediakan bentuk khusus dari aktivitas anti Kristennya sendiri. Tetapi kita mencari suatu penguatan / peningkatan dari tanda ini dalam pemunculan dari sang Anti Kristus sebelum kembalinya Kristus.
Tanda ini menunjukkan ketidakmampuan kita untuk menentukan kembalinya Kristus dengan tepat. Kita tidak tahu bagaimana sang Anti Kristus yang terakhir akan muncul atau apa bentuk pemunculannya.
Anti kristus bukanlah orang atheis (yang tak percaya adanya Allah). Mereka bukanlah orang-orang kafir yang mengadakan perang melawan Yesus. Mereka adalah orang-orang yang mengabarkan suatu injil, tetapi bukan injil yang sejati. Itu adalah "injil yang berbeda". Sebab orang-orang itu adalah rasul-rasul palsu, pekerja-pekerja curang, yang menyamar sebagai rasul-rasul Kristus. Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblis pun menyamar sebagai malaikat Terang. Jadi, bukanlah suatu hal yang ganjil, jika pelayan-pelayannya menyamar sebagai pelayan-pelayan kebenaran. Kesudahan mereka akan setimpal dengan perbuatan mereka" (2 Korintus 11:4, 13-15).
Yesus mengamarkan Gereja tentang pekerjaan penipuan dari nabi-nabi palsu ini (Matius 7:15, 21-23). Selanjutnya Yesus mengamarkan bahwa pada masa mendekati Kedatangan-Nya yang kedua kali pada akhir masa Gereja, antikristus-antikristus akan benar-benar meniru pribadi-Nya, sambil menyatakan diri sebagai Kristus atau Mesias yang telah kembali (Matius 24:4-5, 24-26).
Sesaat sebelum hari Kedatangan Yesus yang kedua kali, akan ada suatu manifestasi antikritus yang besar dan terakhir, antikristus yang "harus datang". "Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa, yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah" (2 Tesalonika 2:3-4).
Apakah akan terjadi kepada anti kritus ini, dan bagaimana kita bisa mengenal dia? "Pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan dirinya, tetapi Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan nafas mulut-Nya dan akan memusnahkannya, kalau Ia datang kembali. Kedatangan si pendurhaka itu adalah pekerjaan Iblis, dan akan disertai rupa-rupa perbuatan ajaib, tanda-tanda dan mujizat-mujizat palsu, dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa karena mereka tidak menerima dan mengasihi kebenaran yang dapat menyelamatkan mereka" ( 2 Tesalonika 2:8-10).

1 komentar:

agaboes mengatakan...

1 Yohanes 2:18 Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir.

1 Yohanes 2:19 Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita.

Yohanes mengakatakan bahwa anti kristus "berasal dari antara kita" , kalimat ini ternyata bayak kita lupakan ketika membahas antikristus